MY MOTIVATION!!!!

MOTIVATION THEORY

Motivasi adalah dorongan dalam diri manusia untuk melakukan sesuatu guna mencapai tujuan yang diinginkan.

a. Teori X dan Teori Y Douglas McGregor

Teori X

Pimpinan dengan teori X ini beranggapan bahwa semua manusia didunia ini pada dasarnya suka bermalas-malasan. Mereka tidak pantas untuk dapat dipercaya dan harus diawasi dengan sangat ketat. Mereka mau bekerja jika ada upah yang diberikan kepda meraka. Motto seorang pimpinan teori X berbunyi “Saya dibayar untuk berpikir. Anda mendapat bayaran untuk bekerja. Dan saya menggunakan kedudukan saya di atas anda untuk memastikan anda benar-benar mengerjakannya.”

Teori Y

Pimpinan dengan teori Y memiliki anggapan yang berlawanan dengan teori X. Mereka beranggapan bahwa manusia bekerja keras karena benar-benar menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar upah/gaji. Mereka berhak mendapatkan kepercayaan penuh dan dapat mengatur dirinya sendiri tanpa harus diawasi dan dijaga ketat. Mereka bekerja secara sukarela tanpa paksaan. Seorang pimpinan dengan teori Y adalah orang yang menghargai orang lain dengan anggapan bahwa mereka sanggup mengerjakan lebih dari yang mereka pikirkan. Motto seorang pimpinan dengan teori Y berbunyi “Kita digaji untuk berpikir dan bekerja bersama-sama.”

b. Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Marslow

Ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan:

1. Fisiologis : Kebutuhan yang paling mendasar dibutuhkan oleh manusia untuk bertahan hidup seperti pangan, sandang dan papan.

2. Safety and Security : Tidak hanya mencakup keamanan tapi juga psikologis.

3. Social and Belonging : Jika pekerjaan tidak memberikan kepuasan sosial, anda akan berusaha memenuhi kebutuhan sosial di tempat lain dengan hubungan yang lain pula.

4. Self Actuaditation : Kebutuhan ini sering disebut dengan kebutuhan ego dan semua orang pasti memilikinya.

5. Esteem : Ketika seseorang mencapai tingkat ini, berarti ia sedang meraih apa saja yang dapat dicapai dari pengalaman paling hebat yang disebut hidup.

c. Teori Keberhasilan Frederick Herzberg

Herzberg bependapat bahwa masalah pekerjaan meliputi dua kelompok faktor, faktor pemeliharaan dan faktor motivasi.

1. Faktor pemeliharaan : Pemeliharaan adalah hal mendasar yang membuat pekerja merasa mereka berhak atas pekerjaannya, tidak peduli dimanapun ia bekerja.

2. Faktor motivasi : hal-hal yang membuat orang bersedia bekerja mengatasi segala kesulitan dalam pekerjaan mereka, mengusahakannya lebih keras lagi sehingga mereka meraih hasil dalam genggaman mereka dengan penuh bangga.

d. Teori Prestasi Mc Clelland : seseorang dikatakan memilki motivasi prestasi yang tinggi apabila ia mempunyai keinginan untuk berprestasi yang lebih baik lagi dari pada yang lain dalam banyak hal. Tiga kebutuhan manusia :

1. Need for Achievement

2. Need for Aviliation

3. Need for Power

Jika dilihat dari keempat macam teori di atas, teori motivasi yang memotivasi saya adalah Teori Prestasi Mc Clelland Teori X Douglas Mc Gregor. Karena memang motivasi saya kuliah adalah menginginkan prestasi tinggi dimata keluarga dan orang-orang terdekat. Jika lulus ingin bekerja sesuai dengan prestasi yang didapat. Semakin tinggi gelar yang dimiliki maka semakin tinggi jabatan yang dapat diraih dalam suatu pekerjaan, maka semakin tinggi pula upah yang didapat. Jadi secara garis besar hal-hal yang memotivasi saya kuliah dan bekerja adalah prestasi,nama baik dan uang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s