Watch out…!!!Global Warming…!!!

Global Warming atau Pemanasan Global adalah proses penaikan suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi.

Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat .74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “Sebagian besar penaikan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat ulah manusia melalui efek rumah kaca. Namun beberapa ilmuwan tidak setuju dengan kesimpulan yang dikemukakan oleh IPCC tersebut.

Model iklim yang dijadikan acuan oleh IPCC telah menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka tersebut disebabkan oleh perbedaan penggunaan skenario-skenario mengenai emisi gas rumah kaca dimasa akan datang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Pemanasan dan kenaikan air laut akan terus meningkat selama ribuan tahun mendatang walaupun emisi gas rumah kaca telah stabil, meskipun penelitian hanya terpusat pada tahun 2100. Ini memperlihatkan pada kita betapa besarnya kapasitas panas dari lautan.

Dengan meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat yang lain mempengaruhi hasil pertanian, tidak adanya gletser dan punahnya beberapa jenis hewan.

One thought on “Watch out…!!!Global Warming…!!!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s