HISTORY AND DEVELOPMENT OF TELEMATICS

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TELEMATIKA

Kriesna Kurnia Pratama

Julius Fernando

Bachtiar Rizki

Chris Prabowo

Subhan Bangun W.

Univ. Gunadarma

E-mail : nana_chriesna@yahoo.com

https://kanaichishino.wordpress.com

tahun 2011

SEJARAH SINGKAT DAN PENGERTIAN

Telematika diambil dari bahasa perancis “TELEMATIQUE” dan merupakan singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika yaitu perpaduan dari konsep Komunikasi dan Komputerisasi. Istilah telematika juga dikenal sebagai “teknologi hybrid terbaru – the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan era digitalisasi saat ini.

Perkembangan ini memicu kepada perkembangan teknologi Telekomunikasi dan Informatika semakin terpadu. Namun saat ini istilah Telematika sendiri merujuk pada terpadunya perkembangan Telekomunikasi, Media dan Informatika yang semula berkembang secara terpisah.

Terpadunya telematika dipahami sebagai “Electronic systems based on digital technology” atau “The Net”. Dalam perkembangannya istilah “media” dalam Telematika berkembang menjadi “multimedia”.

Jadi bisa dikatakan kalau Telematika merupakan perpaduan antara teknologi Informatika, Multimedia dan Telekomunikasi yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem digital.

SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TELEMATIKA DI INDONESIA

Perkembangan telematika di indonesia berkembang mulai dari hanya menggunakan telepon, radio dan telegrap. Perusahaan radio yang lahir pertama kali saat itu adalah RRI dan terus aktif dan berkembang sampai sekarang dan perusahaan telepon dikelola oleh PTT atau Perusahaan Telepon dan Telegrap.

Kemudian televisi yg badan penyiaran pertamanya lahir pada tahun 1962. Siaran percobaan yang pertama adalah untuk menyiarkan upacara kemerdekaan RI yang ke-17 pada tanggal 17 Agustus 1962 dari Istana Merdeka melalui microwave (bukan microwave untuk memanggang). Dan channel televisi pertama adalah TVRI (Televisi Republik Indonesia) yang diresmikan sebagai hari jadi pada tanggal 24 Agustus 1962 karena saat itu TVRI bisa menyiarkan upacara pembukaan Asian Games. Dan pada tanggal 14 November 1962, TVRI untuk pertama kalinya melakukan siaran langsung di studio dengan ukuran 9×11 meter.

Lalu sekitar tahun 1976 mulai menggunakan satelit telekomunikasi yang ditandai dengan peluncuran Satelit Domestik Palapa milik Indonesia di Cape Canaveral, Florida pada bulan Agustus. Pada panel peluncuran terdapat tiga orang Indonesia dan perwakilan dari NASA dan Hughes. Kemudian semakin berkembang seperti yang bisa kita lihat sekarang ini dengan kemunculan mulai dari mesin faximile, telepon seluler (telepon tanpa kabel),  internet dan perangkat multimedia.

TELEMATIKA

            Bagian dari kementerian yang menangani telematika adalah Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika (disingkat Ditjen Aptel) yang di pimpin oleh seorang Direktur Jenderal yaitu Ir. Cahyana Ahmadjayadi. yang berada dibawah tanggung jawab KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI INDONESIA.

Fungsi dari telematika sendiri adalah :

  1. Penyampai informasi.
  2. Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat

Istilah telematika sering digunakan pada beberapa macam bidang, antara lain :

  1. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  2. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  3. Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Telematika di Indonesia memilki tiga peran pokok, yaitu :

  1. Mengoptimalkan proses pembangunan.
  2. Meningkatkan pendapatan.
  3. Pemersatu bangsa.

Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan Telematika di bidang pendidikan, yaitu :

  1. E-Library
  2. E-Mail
  3. Ensiklopedia
  4. E-Bussiness
  5. Tele-education dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System
  6. Pengelolaan SI
  7. Video Teleconference

Dampak-dampak yang timbul akibat penggunaan teknologi telematika telah merubah pola hidup, kerja, usaha dan bahkan merubah falsafah pada bidang tertentu. Dampak yang muncul antara lain :

  1. Penghematan penggunaan transportasi dan bahan bakar.
  2. Menghindarkan waktu-waktu yang tidak produktif menjadi lebih produktif.
  3. Mengembangkan konsep kegiatan tersebar secara merata ke seluruh daerah.
  4. Menyuguhkan banyak pilihan sarana telekomunikasi.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Direktorat_Jenderal_Aplikasi_Telematika_Kementerian_Komunikasi_dan_Informatika_Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika

http://siraith.files.wordpress.com/2011/02/sejarah-telematika.pdf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s