CYBERCRIME AND IT FORENSIC

CYBERCRIME

Cybercrime (:eng) atau kejahatan dunia maya adalah kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan  komputer atau jaringan internet sebagai alat, sasaran atau tempat terjadinya dalam melakukan kejahatan. Beberapa hal yang masuk kedalam cybercrime adalah penipuan jual beli online, penipuan lelang online, penipuan credit card, pembobolan dan pemindahan transaksi bank, pornografi, penyebaran virus komputer, dll.

Contoh kasus :

Virus

Penyebaran virus komputer semakin marak. Semakin tinggi tingkat antivirus yang dibuat maka semakin tinggi pula virus yang beredar di dunia maya. Virus ini menyerang komputer melalui jaringan internet. Ketika kita membuka salah satu halaman internet yang sudah terjangkit virus, maka komputer kita pun akan terserang virus tersebut. Atau bisa juga melalui Removable Disk seperti flash disk. Data yang sudah terjangkit virus dari komputer asal dimasukkan ke dalam FD tsb kemudian di pindahkan atau dicopy ke komputer sasaran, maka komputer sasaran pun akan terjangkit virus. Namun umumnya virus disebar dengan menggunakan surat elektrik / E-mail.

Virus-virus ini biasanya merusak sistem OS komputer atau merusak data-data yang kita miliki. Orang yang komputernya terserang virus tidak akan menyadari kalau komputernya tersebut sudah terserang virus. Namun akibatnya akan terasa manakala komputer tersebut tiba-tiba terasa lebih lamban dari biasanya atau tiba-tiba mati dan tidak dapat dinyalakan kembali.

Beberapa contoh virus yang tersebar di dunia maya antara lain flu burung, trojan horse, tukul, I Love You, dll.

Solusi :

Perkuat komputer anda dengan meng-install antivirus yang dapat dipercaya dikomputer anda dan seringlah mengupdate antivirus anda. Karena setiap harinya virus-virus yang tersebar di dunia komputer semakin berkembang, begitu pula dengan antivirusnya. Jika kita tidak perkuat komputer kita dengan antivirus, maka bersiaplah jika komputer anda terjangkiti virus dan harus dirawat. J

IT FORENSIC

IT Forensic berkaitan dengan penyelidikan insiden yang mencurigakan yang melibatkan pengumpulan fakta dan bukti pelanggaran keamanan sistem informasi serta validasinya menurut metode yang digunakan. Fakta-fakta tersebut setelah diverifikasi akan menjadi bukti-bukti envidence yang akan digunakan dalam proses hukum.

Tools yang digunakan untuk IT Forensic terbagi dalam dua bagian yaitu hardware / perangkat keras dan software / perangkat lunak. Software-software yang digunakan salah satunya adalah software untuk membobol password dengan pemecah enkripsi.

Hardware yang digunakan :

  1. Hardisk atau storage yang mempunyai kapasitas yang sangat besar.
  2. RAM yang digunakan antara 1-2GB.
  3. Hub.switch atau LAN
  4. Laptop yang digunakan khusus untuk Forensic Workstation.

Software yang digunakan harus khusus dan memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan IT Forensic seperti :

  1. Write-Blocking tools untuk memproses bukti-bukti.
  2. Text search utilities (dtsearch) berfungsi sebagai alat untuk mencari koleksi dokumen yang besar.
  3. Hash utility (MD5sum) berfungsi untuk menghitung dan memverifikasi 128-bit md5 hash, untuk sidik jari file digital.
  4. Forensic Acqusition tools (encase) digunakan oleh banyak penegak hokum untuk investigasi criminal, investigasi jaringan, data kepatuhan, dan penemuan elektronik.
  5. Spy Anytime PC Spy digunakan untuk memonitoring berbagai aktifitas computer, seperti : seperti: website logs,keystroke logs, application logs, dan screenshot logs.

Referensi :

http://keamananinternet.tripod.com/pengertian-definisi-cybercrime.html

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/definisi-jenis-jenis-dan-perkembangan-cybercrime-di-indonesia/

http://ba9uez.wordpress.com/it-forensik/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s